Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Berprestasi 2013

2013-06-05 10.56.47

Berawal dari keinginan menularkan pengalaman saya tahun 2012 lalu untuk mengikuti pemilihan Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Berprestasi, Alhamdulillah tahun ini cukup menggembirakan hasilnya. Dari 6 orang yang kami utus untuk berkompetisi di ajang pemilihan Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Berprestasi tingkat provinsi dari Kabupaten Pesawaran memperoleh 3 juara, yakni Guru SD, Guru SMA, dan Kepala Sekolah SMA.

Safaria Yunida, S.Pd. yang memperoleh juarai I tingkat provinsi ini bertugas di SDN 1 Cipadang Kecamatan Gedongtataan. Guru inti dari kecamatan gedongtataan ini telah mengabdikan dirinya selama 31 tahun dan hasil karyanya berupa diktat bahasa lampung, diktat bahasa Indonesia, dan masih banyak lagi hasil karyanya. Seorang ibu yang dilahirkan sejak 24 Juni 1963 sangat semangat dalam mengemban tugas di sebuah desa di lereng gunung dan telah menduduki jabatan Pembina Tk I dengan golongan IVb. Beliau akan mengikuti seleksi di Nasional tanggal 15-22 Agustus 2013, semoga beliau mendapatkan juara di tingkat nasional nanti. Saat KUPT yakni Mualimin, S.Ag  saya kabari via telpon bahwa salah satu gurunya mendapat juara 1 sangat bersyukur dan gembira.

Juara II kategori Guru SMA diraih Sofvan, S.Pd. yang sehari-harinya bertugas di SMAN 1 Punduh Pedada. Meskipun tergolong masih muda, guru yang diangkat PNS tahun 2005 ini berhasil menyisihkan saingannya dari 9 guru SMA dari kabupaten lain. Tiga buah buku, dan beberapa karya inovatifnya yang telah mendapatkan pengakuan juara 1 sesumatra ini menarik perhatian para juri untuk menempatkan dirinya pada posisi juara II. Guru dari desa Dusun Srimulyo Desa Pemanggilan Kecamatan Natar ini menempuh jarak sekitar 70 km untuk berangkat se sekolahnya dengan mengendarai sepeda motor kesayangannya.

Seorang bendahara MKKS SMA Kabupaten Pesawaran yang sangat dikenal dilingkungan Dinas Pendidikan berhasil mendapat juara III untuk kategori Kepala Sekolah SMA. Bu Ety sapaan yang akrab dilontarkan kepadanya merupakan Kepala Sekolah SMAN 1 Padang Cermin yang telah memasuki periode ke 2 dalam jabatan sebagai kepala sekolah. Dra. Enie August Junaety ini mengandalkan unggulan sekolahnya pada Mulok yang tidak ada duanya di Lampung ini yakni Mulok Perikanan yang bekerjasama dengan Balai Budi Daya Laut milik Kementrian Kelautan yang ada di Provinsi Lapung tepatnya 1 km dari SMAN 1 Padang Cermin yang berlokasi di Hanura ini.

Kepedulian Kepala Dinas Pendidikan Drs. Heksus, MM yang mewakili Bupati Pesawaran Aries Sandi Darma Putra yang didampingi ketua MKKS SMP Hasbiyul Furqon, M.Ag dan pengawas sekolah yang membesut para peserta pemilihan Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas berprestasi dari Kabupaten Pesawaran H. Karjono, M.Pd. Kegembiraan para peserta atas kedatangan Kepala Dinasnya disambut dengan Foto bersama di podium tempat pengumuman pemenang di Lantai II Hotel Nusantara. Ucapan terimakasih Kepala Dinas Pendidikan kepada para peserta disampaikan pada saat makan siang di rumah makan kayu. “Kepada bapak dan ibu yang telah memperoleh prestasi ini kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya yang telah membawa nama baik Kabupaten Pesawaran. Dan kepada guru yang belum mendapatkan juara diprovinsi sayapun juga bangga atas prestasinya selama ini untuk memajukan pendidikan di Kabupaten Pesawaran, berjuanglah terus dan tingkatkan kinerja kita mudah-mudahan tahun depan bisa kita peroleh prestasi itu”. Ucapan yang disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dengan mata yang berkaca-kaca karena terharu. Namun beliau menegaskan kepada semia pihak tahun depan semua harus ada yang mewakili berkompetisi di provinsi bukan hanya 6 peserta dari 14 kategori yang dilombakan. Beliau juga bangga meskipun Kabupaten Pesawaran baru berumur 3 tahun, namun sudah mampu menelorkan guru yang berprestasi. Tahun lalu pak Karjono, M.Pd guru SMAN 1 Tegineneng mendapat Juara 1 Provinsi Lampung, Pak Hasbiyul Furqon, M.Ag Kepala Sekolah SMPN 3 Gedongtataan mendapat juaran II yang saat ini ditugaskan di SMPN 2 Gedongtataan, dan Pak Drs. H. Harun Kepala SMAN 1 Gedongtataan mendapat juara III. Ini dalah prestasi yang sangat luar biasa kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten pesawaran ini. Beliau menambahkan dorangan kepada semua yang hadir saat itu agar tahun depat dapat ditingkatkan.

About karjononatar

Tergabung dalam dunia "PENDIDIKAN MATEMATIKA & TEKNOLOGI PENDIDIKAN"
Gallery | This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s